Skip to content

CLARINET

[The More You Know] 

Clarinet – Si Merdu dari Rendah hingga Tinggi 

The More You Know kali ini, akan membahas perihal salah satu instrumen musik  Woodwind yang cukup baru di dunia orkestra, tapi tak kalah merdunya dengan alat musik lain.  Betul. Kali ini, kami akan membahas soal Clarinet. 

Clarinet pertama kali dibuat pada sekitar abad ke 17 di Jerman. Otak hebat pembuat  clarinet ini ialah Johann Denter, yang mewarisi bisnis ayahnya menciptakan berbagai alat musik.  Pada awalnya, clarinet berasal dari alat musik chalumeau (dari prancis). Clarinet dikenal khas  karena memiliki bentuk yang sama dari ujung ke ujung, seperti bentuk silinder. 

Alat musik ini memiliki nada dasar yang bermacam-macam. Clarinet secara umum  memiliki nada dasar Bb serta Eb, namun ada juga Alto Clarinet, Bass Clarinet serta Contrabass  Clarinet. Selain nada dasar yang bermacam-macam, instrumen ini juga memiliki beberapa cara  fingering (cara memencet instrumen) yaitu Sistem Boehm (yang paling umum digunakan),  Sistem Öhler dan Sistem Albert. Seperti instrumen woodwind lainnya, clarinet juga dimainkan  dengan cara ditiup pada bagian atasnya. Vibrasi yang dihasilkan badan clarinet (reed) ialah yang  menghasilkan suara yang merdu. Lubang yang ada dibadan clarinet ditutup untuk menghasilkan  nada yang diinginkan. Oh iya, Clarinet juga terkenal karena dimainkan salah satu tokoh film  kartun lho, yaitu Squidward (kartun Spongebob Squarepants).

Embed link

Sekarang mimin mau tanya nih, terutama buat para Clarinetist, siapa aja sih Clarinetist dunia idola kalian? Yuk tulis di kolom komentar

Sumber: 

Departemen Hubungan Masyarakat
Gadjah Mada Chamber Orchestra
2020