Skip to content

BASSON

[The More You Know] 

FAGOT ALAT MUSIK YANG MISTERIUS 

The More You Know kali ini akan membahas satu alat musik yang hmm.. -kurang  terkenal-. Ya! alat musik ini sangat jarang ada di indonesia, inilah Fagot/Bassoon 

Fagot atau bassoon adalah sebuah jenis alat musik tiup yang terbuat dari kayu. Fagot  terbagi atas pipa panjang berbentuk “U” dan logam berbentuk “S” dengan lidah ganda. Basson  terbagi atas lima bagian yang terpasang menggunakan desain “duri”. Ada dua jenis bassoon,  yaitu yang mempunyai corong panjang dan corong pendek. Alat musik ini dinilai mempunyai  kesamaan sejarah, karakteristik mekanis, dan karakteristik fisik dengan alat musik tiup oboe. 

Fagot/ Bassoon, yang seringkali dijuluki ‘badut orkestra’ (clown of the orchestra)  merupakan keluarga alat musik woodwind yang memiliki nada bass, melengkapi keragaman dari  seluruh instrumen sebuah orkestra. Bassoon juga merupakan alat musik terbesar di dalam  keluarga woodwind, terutama jenis bassoon dengan nada paling rendah, yaitu contra-bassoon. Bassoon memiliki suara yang kaya dan vibrato yang lembut, cenderung mirip dengan suara vokal  penyanyi bernada bariton. Bassoon sudah cukup lama melengkapi rangkaian orkestra karena  keragaman nada yang mampu dihadirkan.

Embed link

Sumber :

Departemen Hubungan Masyarakat
Gadjah Mada Chamber Orchestra
2020