Search

#TheMoreYouKnow – Glockenspiel, Bel yang Indah

Pada kesempatan kali ini, #TheMoreYouKnowGMCO membahas tentang salah satu instrumen yang ada di Gadjah Mada Chamber Orchestra nih. GMCO memiliki instrumen yang belum begitu banyak dikenal oleh orang-orang awam. Nama instrumen ini adalah Glockenspiel.

Glockenspiel adalah instrumen perkusi yang berbahan logam. Nama glockenspiel sendiri berasal dari bahasa Jerman yang berarti “satu set bel”. Cara memainkan instrument ini adalah dengan cara diketuk menggunakan tongkat khusus, yang dinamakan mallets. Dengan begitu, glockenspiel akan menghasilkan suara yang nyaring dan indah seperti bel. Satu set glockenspiel terdiri dari nada yang sama seperti keyboard, namun instrumen ini hanya terdiri dari dua setengah oktaf dan ada juga yang sampai tiga setengah oktaf. Selain itu, glockenspiel juga terbatas pada register atas saja.

Glockenspiel pada mulanya, terdiri atas bel yang digenggam dengan tangan. Kemudian, akhirnya pada sekitar abad ke-16, bel tersebut dibuat lebih simpel, yaitu berbentuk seperti tuts pada keyboard. Sementara, glockenspiel sendiri masuk kedalam dunia orkestra dibawa oleh Georg Frederich Handel pada oratorionya yang berjudul “Saul” tahun 1739. Kemudian, tahun 1791, Mozart juga menggunakannya pada “The Magic Flute”. Sampai saat ini, instrumen ini masih dimainkan oleh berbagai orkestra dan marching band di dunia, tak terkecuali juga di Indonesia.

Gadjah Mada Chamber Orchestra sendiri, sampai saat ini sudah cukup sering menyertakan instrumen Glockenspiel pada setiap event-event, terutama yang memiliki format full orchestra. Sedangkan, pemain glockenspiel sendiri, biasanya merupakan pemain keyboard atau piano, karena kemiripannya dengan tuts piano.

Sumber:
https://www.vsl.co.at/en/Glockenspiel/History/
https://melodyful.com/history-glockenspiel
https://en.wikipedia.org/wiki/Glockenspiel

Write a response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
GMCO UGM © Copyright 2018. All rights reserved.
Close