Gadjah Mada Chamber Orchestra merupakan sebuah kelompok seni bermusik khususnya dalam bidang musik instrumental. Pada tanggal 16 February 2008, atas inisiatif Andreas Joko Purwanto (FMIPA 2005) dan Gian Afrisando (FMIPA 2007) mengumpulkan teman-teman maka muncullah ide untuk membentuk sebuah orkestra di Unversitas Gadjah Mada.

Pada awal pembentukannya, kelompok ini mendapat tanggapan yang positif dari mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam mengembangkan potensi mereka dalam memainkan alat musik. Pada awalnya anggota yang tergabung dalam GMCO baru berjumlah tujuh orang dengan satu pemain gitar, tiga pemain biola, satu pemain cello, satu pemain flute, dan seorang conductor. Namun saat ini keanggotan sudah berkembang menjadi 40-an anggota. Struktur organisasi maupun mekanisme yang mengatur aktivitas GMCO masih dalam tahap proses pembentukan.

Penampilan pertama dari GMCO sebagai pengiring dilaksanakan pada saat konser yang bertajuk “Sebuah Pembuktian” pada tanggal 29 Maret 2008, yang merupakan konser perdana dari angkatan ke-37 Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Pada penampilan pertama ini GMCO langsung mendapat respon positif dari dr. Damodoro Nuradyo, Sp.S. . Beliau bersedia menjadi pembina bagi kelompok ini dan sepenuhnya akan membantu dalam proses pencarian jati diri dari GMCO.

Pada tanggal 16 Mei 2008, keorganisasian dari GMCO terbentuk dengan hadirnya beberapa mahasiswa yang berminat untuk menjadi production crew sehingga bisa memperkuat kelompok ini untuk menjadi suatu organisasi.

Pembentukan kelompok ini diharapkan menjadi sebuah langkah awal yang brilian dalam menciptakan sebuah kelompok musik instrumental yang berkualitas serta menjadi wadah bagi keluarga besar Universitas Gadjah Mada yang memiliki potensi dalam bermusik. Hadirnya GMCO juga diproyeksikan untuk mampu mengangkat nama Universitas Gadjah Mada di kancah nasional dan internasional khususnya dalam hal musik instrumental. Terciptanya sebuah harmoni yang indah tentu merupakan lantunan dari nada-nada dan melodi yang terangkum dalam padanan partitur yang tercipta dari sekelompok orang yang tergabung dalam GMCO.

1 comment

Write a response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
GMCO UGM © Copyright 2018. All rights reserved.
Close